Selasa, 19 Juni 2012

Kulon Progo


Kabupaten Kulon Progo, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa YogyakartaIndonesia. Ibukotanya adalah Wates. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur,Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Nama Kulon Progo berarti sebelah barat Sungai Progo (katakulon dalam Bahasa Jawa artinya barat). Kali Progo membatasi kabupaten ini di sebelah timur.Kabupaten Kulon Progo terdiri atas 12 kecamatan, yang dibagi lagi atas 88desa dan kelurahan, serta 930 Pedukuhan (sebelum otonomi daerah dinamakan Dusun). Pusat pemerintahan di Kecamatan Wates, yang berada sekitar 25 km sebelah barat daya dari pusat Ibukota Propinsi DIY, di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya - Yogyakarta - Bandung. Wates juga dilintasi jalur kereta api lintas selatan Jawa.Bagian barat laut wilayah kabupaten ini berupa pegunungan (Bukit Menoreh), dengan puncaknya Gunung Gajah (828 m), di perbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Sedangkan di bagian selatan merupakan dataran rendah yang landai hingga ke pantai. Pantai yang ada di Kabupaten Kulonprogo adalah Pantai Congot, Pantai Glagah (10 km arah barat daya kota Wates atau 35 km dari pusat Kota Yogyakarta) dan Pantai Trisik.


Kulon Progo memiliki semboyan BINANGUN yang digambarkan dengan simbol berbentuk gunungan. Secara keseluruhan bentuk logo adalah gambar GUNUNGAN dari dunia wayang kulit. Dalam dunia wayang GUNUNGAN menggambarkan isi dari alam semesta/dunia/ jagad raya, baik manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan dan segala budayanya yang merupakan wujud, cipta, rasa, karsa dan karya manusia. Gunungan digerakkan oleh dalang pada awal, pergantian episode maupun akhir cerita.


Dalam Logo, bentuk gambar gunungan diisi :1.   Gambar bunga berwarna kuning berjumlah 8 (delapan) merupakan simbolisasi 8 unsur dari motto BINANGUN yaitu: Beriman, Indah, Nuhoni, Aman, Nalar, Guyub, Ulet dan Nyaman
2.   Gambar kelopak daun berjumlah 5 (lima) berwarna hijau merupakan simbolisasi dari lima sila Pancasila Dasar Negara Republik Indonesia
3.   Tulisan KULON PROGO BINANGUN pada tempat kelopak daun yang berwarna kuning dan warna tulisan hitam
Makna Warna Pada LambangKuning      – Lambang Kemuliaan, Keagungan Hijau         – Lambang Kesuburan, Kamakmuran, Kesejahteraan Hitam        – Lambang Kesungguhan, Kesungguhan,Kemantapan, KetenanganLogo didominasi warna hijau dan kuning, sesuai dengan rontek kabupaten Dati II Kulon Progo yaitu PARE ANOM yang berasal dari warna buah pare yang masih muda yaitu perpaduan warna kuning dan hijauMakna MenyeluruhMasyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam membangun daerahnya, bertujuan agar menjadi lebih maju, makmur, sejahtera lahir bathin (Gunungan warna hijau dan kuning). Tujuan pembangunan dan cara mencapainya bersumber pada Pancasila dan UUD 1945 (kelopak daun 5 buah dan tempatnya).

Selain itu Kulon Progo juga banyak tempat-tempat wisata menarik untuk di kunjungi berikut ini adalah tempat-tempatnya..


                         Pantai Congot
                                                                       
                                                                         Pantai Glagah

                                                                     Pantai Trisik
                                                                     Pantai Trisik

1 komentar:

  1. thx buat info jogjanya , tempat-nya bagus jadi pengen berkunjung... ^_^

    BalasHapus